Total Tayangan Halaman

Senin, 20 April 2015

SISTEMTERMODINAMIKA DAN SPESIFIKASINYA KEADAANNYA


Ringkasan buku termodinamika ( Ainie Khuriati Riza Sulistiati)
SISTEMTERMODINAMIKA DAN SPESIFIKASINYA KEADAANNYA
                                               
Aplikasi termodinamika dalam kehidupan sehari-hari
Kata termodinamika berasal dari bahasa yunani therme berarti kalor dan dynamics berarti kekas. Jadi, Termodinamika merupakan kemampuan benda panas menghasilan usaha atau kerja. Namun sekarang ini pengertian termodinamika telah berkembang, termodinamika diartikan sebagai ilmu yang mempelajari energy beserta perubahannya dan hubungan antara sifat-sifat fisis materi. Energi muncul dalam berbagai bentuk seperti energy listrik, energy magnet, energy yang di gunakan untuk memanaskan air, energy untuk memindahkan objek, dan lain sebagainya. Dalam termodinamika, kalor dan usaha merupakan dua bentuk energy yang paling banyak dan yang paling banya di pelajari.
Penerapan prinsip dan metode termodinamika membentang diseluruh kehidupan manusia. Perkembangan teknologi telah memacu manusia untuk memanfaatkan energy untuk kemashlahatan bersama. Alam telah menunjukan bagaimana kerja dapat berubah  menjadi kalor secara tuntas dan manusia telah menunjukan bahwa kalor  dapat diubah menjadi kerja dengan sebuah mesin. Namun sebagian kalor masih dibuang secara percuma ketika mesin bekerja namun sebagian kalor masih terbuang secara percuma ketika mesin bekerja dalam siklus. Ini adalah tantangan bagi manusia bagaimana memperkecil kalor yang terbuang dan meningkatkan kemampuan melakukan kerja dari sebuah mesin.
Alam juga menunjukan kesatuarahan dalam proses. Kerja dapat berubah  menjadi kalor secara spontan namun kalor tidak dapat berubah menjadi kerja secara spontan. Kalor selalu berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda kesuhu yang lebih rendah dengan sendirinya namun proses sebaliknya tidak dapat terjadi dengan sendirinya.
Oleh karena itu manusia menciptakan mesin-mesin untuk mengubah kalor menjadi kerja yang di acuh bsebagia  mesin pendingin. Berbagai contoh mesin-mesin  kalor dan mesin-mesin pendingin yang menggunakan prinsip-prinsip termodinamika  dalam perancangannya adalah mesin pembakaran internal , pembangkit  listrik energy nuklir  dan konvensional, mesin turbo, system pengkondisi udara dan refrijerasi, system penggerak populasi roket, misil , pesawat terbang, kapal dan kendaraan darat, system magnet dan listrik, dan system termolistrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar