Total Tayangan Halaman

Senin, 20 April 2015

SIFAT-SIFAT TERMODINAMIK ZAT MURNI


SIFAT-SIFAT TERMODINAMIK ZAT MURNI

3.1 SIFAT-SIFAT BEBAS DARI ZAT MURNI
Salah satu alas an penting untuk memperkenalkan konsep zat murni adalah keadaan zat murni didefenisikan oleh dua sifat bebas. Sebagai contoh , misalkan uap bermassa konstan berada dalam bejana yang dilengkapi peralatan sedemikian rupa sehingga tekanan, volume dan suhunya dapat diukur dengan mudah. Jika volumenya kita tetapkan pada suatu harga suhu tertentu yang kita pilih, nilai tekanan tidak dapat berubah. Sekali kita sudah menetapkan harga volume dan suhu, harga tekanan dalam keseimbangan diperoleh secara alami.Jadi diantara tiga koordinat termodinamik p,v dan T hanya dua yang merupakan sifat bebas.
Sistem yang di tentukanoleh dua sifat bebas disebut system sederhana. Walaupun tidak ada system yang benar-benar sederhana namun banyak system  yang dapat dimodelkan sebagai system sederhana untuk keperluan analisis termodinamika. Zat murni merupakan zat yang digunakan dalam system termampatkan sederhana oleh karena itu zat murni seringkali disebut sebagai zat termampatkan sederhana.
Untuk lebih memahami istilah sifat bebas,kita tinjau keadaan cairanjenuh dan uap jenuh dari zat murni. Suhu dan tekanan cairan jenuh dan uap jenuh dari zat murni adalah sama, akan tetapi keadaan keduanya benar-benar tidak sama. Oleh karena itu kita katakana bahwa dalam keadaan jenuh , suhu dan tekanan bukan merupakan dua sifat yang saling bebas. Dua sifat bebas seperti tekanan dan volume jenis atau tekanan dan kualitas digunakan untuk menentukan keadaan dari zat murni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar