Total Tayangan Halaman

Senin, 20 April 2015

Pemuaian


Pemuaian
Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu atau bertambahnya ukuran suatu benda karena menerima kalor.
Pemuaian panjang
Secara matematis persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan panjang benda setelah dipanaskan pada suhu tertentu adalah

 

Pemuaian luas

Untuk menentukan pertambahan luas dan volume akhir digunakan persamaan sebagai berikut :

Pemuaian volume
Persamaan yang digunakan untuk menentukan pertambahan volume dan volume akhir suatu benda tidak jauh beda pada perumusan sebelum. Hanya saja beda pada lambangnya saja. Perumusannya adalah
2.2  Proses Termodinamika
Sebuah proses termodinamika adalah pengembangan energik dari  melanjutkan dari keadaan awal ke keadaan akhir. Jalan melalui ruang variabel termodinamika seringkali ditentukan dengan memegang variabel termodinamika tertentu konstan. Sebuah  adalah variabel termodinamika yang hanya bergantung pada keadaan saat ini dari sistem, bukan jalan yang diambil untuk mencapai keadaan itu. Sebaliknya suatu  tidak bergantung pada jalan.
Ikhtisar


Contoh dari serangkaian proses termodinamika yang membentuk
Sebuah proses termodinamika dapat divisualisasikan dengan perubahan sistem  . Dalam contoh ini, empat proses yang akan ditampilkan. Setiap proses memiliki awal yang terdefinisi dengan baik dan titik akhir dalam tekanan-volume . Dalam contoh khusus ini, proses 1 dan 3 adalah  , sedangkan proses 2 dan 4. The  adalah visualisasi sangat berguna dari sebuah proses, karena area di bawah kurva dari sebuah proses adalah jumlah  yang dilakukan oleh sistem selama proses tersebut. Dengan demikian kerja dianggap sebagai  , seperti nilai eksaknya tergantung pada jalan tertentu yang diambil antara titik awal dan akhir dari proses. Demikian pula dapat ditransfer selama proses, dan juga merupakan variabel proses. Sebaliknya, tekanan dan volume (serta berbagai  ) dianggap  karena nilai-nilai mereka hanya bergantung pada posisi titik awal dan akhir, bukan jalur khusus di antara mereka.

Tekanan - Volume
Para pasangan konjugasi tekanan-volume berkaitan dengan transfer energi mekanik atau dinamis sebagai hasil dari pekerjaan.
  • Sebuah  terjadi pada tekanan konstan. Sebuah contoh akan memiliki piston bergerak dalam silinder, sehingga tekanan dalam silinder selalu pada tekanan atmosfer, meskipun terisolasi dari atmosfer. Dengan kata lain, sistem ini secara dinamis terhubung, dengan batas bergerak, ke reservoir yang bertekanan konstan.
adalah satu di mana volume tetap konstan, yang berarti bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh sistem akan menjadi nol. Oleh karena itu, untuk sistem yang sederhana dari dua dimensi, setiap energi panas ditransfer ke sistem eksternal akan diserap sebagai energi internal. Sebuah proses isochoric juga dikenal sebagai proses isometrik atau proses isovolumetric. Sebuah contoh akan menempatkan kaleng tertutup dapat berisi udara hanya ke dalam api. Untuk pendekatan pertama, bisa tidak akan berkembang, dan perubahan hanya akan bahwa gas keuntungan energi internal, sebagaimana dibuktikan oleh peningkatan dalam suhu dan tekanan. Secara matematis, δQ=dU. Kita bisa mengatakan bahwa sistem secara dinamis terisolasi, dengan batas yang kaku, dari lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar